ASSALAMU'ALAIKUM WR WB

WARNET ARIF MENYEDIAKAN
1.INTERNET,CHATING
2.SABLON KAOS
3.PULSA
4.CETAK FOTO BERBAGAI UKURAN
5.UNDANGAN
6.SETIKER FOTO
7.JUAL DVD/VCD
8.PENGETIKAN
9.KHURSUS
PROGRAM KEAHLAIN
"multimedia"

Jumat, 25 Februari 2011

Sejarah Adobe Photoshop


     Banyak dari kita yang sudah mengenal dengan yang namanya Adobe Photoshop, aplikasi pengolah grafis terbesar di jagad raya ini. Kita bahkan mungkin sangat dekat dan sangat sering memanfaatkan aplikasi yang satu ini. Roy suryo termasuk orang yang beruntung berkat software satu ini. Tapi apakah orang-orang yang kenal tentang sejarah Photoshop juga sebanyak orang yang memakainya ? Saya rasa tidak, Oke deh sekarang saya akan mencoba menulis tentang sejarah aplikasi yang canggih ini. Termasuk tanggal rilis tiap edisi, penambahan dan pembaruan fitur dll.
Seorang profesor dari Michigan (USA) bernama Glenn Knol membuat sebuah eksperimen untuk mengolah foto secara digital. Dengan alat seadanya, sang profesor bekerja keras di ruang gelap (dark room) milik pribadinya. Beliau memiliki dua orang anak yang bernama: John Knoll dan Thomas Knoll. Kedua anak tersebut meneruskan cita-cita ayahnya untuk membuat sebuah program pengolah gambar secara digital tersebut.
Singkat cerita, akhirnya kedua saudara tersebut berhasil menciptakan sebuah program aplikasi pengolah gambar yang saat itu masih sederhana. Atas penemuan tersebut, sebuah perusahaan bernama Image Scan memberikan lisensi. Namun selang satu tahun, lisensi diambil alih oleh Adobe Corporation. Kemudian program pengolah gambar tersebut diberi nama Adobe Photoshop. Versi terakhir adalah versi 9 atau lebih dikenal dengan Adobe Photoshop CS2 (Creative Suite).
Adobe Photoshop 1.0. Dirilis pada bulan Februari 1990 untuk Sistem Operasi Macintosh.
Adobe Photoshop 2.0. Dirilis pada Juni 1991 masih untuk Mac. Fitur utamanya adalah pengenalan Paths. Pada januari 1992 versi 2.0.1 akhirnya menysul pula yang diikuti lagi oleh versi 2.5 yang mau jalan di Windows di akhir November tahun yang sama. Selang setahun kemudian pengguna IRIX dan Solaris juga sudah dapat kesempatan untuk mencicipinya.
Adobe Photoshop 3.0. Dirilis pada bulan September ‘94 untuk Mac. Pada bulan November versi untuk OS yang lainnya juga menyusul. Jurus baru andalannya adalah Layer dan Palet yang dimunculkan dalam bentuk tab.
Kali pertama bisa dirilis bersamaan antara Win dan Mac adalah pada rilis 4.0 di bulan November 1996 sudah mulai dikenalkan dengan Adjusment Layer dan Action. Dan pada bulan Agustus 1997, versi 4.0.1 juga dirilis.
Bulan Mei 1998, saat negeri ini memanas karena banyaknya orang bakar-bakaran jenggot, versi 5.0 dari Photoshop dirilis. Hal baru yang ditanamkan dalam aplikasi ini adalah Palette History, yang memungkinkan kita untuk membatalkan banyak aksi sekaligus. Magnetik Lasso Tool juga disertakan untuk mendukung Type tool. Tahun 1999 versi 5.5 yang sudah dibundel dengan Image Ready dan Extract tool kali pertamanya dirilis.
Adobe Photoshop 6.0. Dirilis pada bulan September 2000 pada versi ini terjadi perombakan user interface yang cukup signifikan. Fitur Filter dan Vektor Shapes juga sudah mulai ditambahkan. Di kemudian hari, Maret 2001, Photoshop lagi-lagi diupdet ke versi 6.0.1
Adobe Photoshop 7.0 (yang paling sering gw pake’ nih ). Maret 2002 versi ketujuh ini dirilis. Hadir dengan perkembangan yang lebih jauh lagi, Type tool sekarang telah sepenuhnya dianggap sebagai vektor. Di lain sisi, Healing brush juga ikut ditambahkan. Agustus 2002 versi 7.0.1 dimunculkan dengan banderol harga $99 ini merupakan perkenalan yang sangat penting bagi plug-in Camera RAW 1.x. Camera RAW 1.x ikembangkan oleh Thomas Knoll yang mengijinkan pengguna membaca format RAW (kasar) dari kamera digital dan langsung mengimpor ke Photoshop.
Adobe Photoshop 8.0, atau yang lebih dikenal dengan Photoshop CS dirilis pada bulan Oktober 2003 Plug-in Camera RAW telah meningkat ke versi 2.0, begitu juga dengan fitur slice yang mengalami perkembangan besar. Perintah Shadow\Highlight dan Match Color juga ditambahkan. Filter Lens Blur dan Smart Guides dimasukkan pula dengan apiknya. Histogram pun sekarang bekerja secara real time. Di awal dari versi 8.0 Photoshop memperkenalkan diri sebagai Adobe Photoshop CS. Maksud CS adalah bahwa sekarang beberapa aplikasi telah dimasukkan dalam satu paket software, Adobe Creative Suite. Beberapa produk seperti Adobe Illustrator, Adobe InDesign, Adobe GoLive, Adobe Acrobat Professional, Version Cue, Adobe Bridge, Adobe Stock Photos dan Dreamveaver 8 (setelah dibeli dari Macromedia) telah diikutsertakan. Satu hal lagi yang ikut menyertainya adalah, logo mata kini telah berganti menjadi bulu ayam
Adobe Photoshop 9.0, atau yang juga dikenal sebagai Adobe Photoshop CS2, dirilis pada bulan April 2005, Plug-in Camera RAW pada rilis ini telah berada pada versi 3.x. Smart Object dan fitur-fitur lain seperti Image Warp, Lens Correction, Smart Sharpen, Vanishing Point. New Spot healing brush dan Red-Eye tools juga diperkenalkan. Layer editing juga dikembangkan lagi.
Para web design maupun graphic design cenderung lebih banyak menggunakan program Adobe Photoshop untuk membantu pekerjaan di bidang masing-masing karena mudah digunakan, memiliki warna cerah, mendukung plug-in dari pihak ketiga, dan hasil output yang fantastik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar